Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk)
Abstract
Salah satu kompetensi guru yang layak dikembangkan adalah kemampuan guru untuk secara terus menerus adalah kemampuan melakukan perbaikan kualitas pembelajaran dan praktik pembelajaran melalui kebiasaan untuk melakukan penelitian tindakan kelas. Kemampuan guru dalam melakukan penelitian tindakan kelas memang didukung beragam kemampuan yaitu meliputi kemampuan menganalisis masalah pembelajaran, merancang tindakan perbaikan, dan secara metodologis menuangkannya ke dalam rencana penelitian tindakan kelas. Persoalan yang dihadapi oleh guru-guru MTs khususnya MTs di kota Metro adalah pemahaman mengenai bagaimana merancang penelitian tindakan masih berbeda-beda terutama terkait bagaimana menyusun proposal PTK, melaksanakan sampai dengan menuliskan laporan perlaksanaan. Orientasi utamanya untuk mengetahui apakah tindakan yang dilakukan memang sudah memberikan dampak signifikan kepada anak didik sekaligus sebagai data kemajuan belajar dan penentuan upaya tindakan berikutnya.